Sulsel Jadi Tuan Rumah Hari Kopi Internasional 2018

By Admin

nusakini,com--Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Internasional Coffee Day atau Hari Kopi Internasional tahun 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, H Ahmadi Akil dalam Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Persiapan Pelaksanaan Internasional Coffee Day yang berlangsung di Hotel Grand Celino Makassar, Senin (30/7).

"Sulsel ditunjuk sebagai tuan rumah oleh ementerian Perindustrian Republik Indonesia (RI) melalui Ditjen Industri Agro," ujar  Ahmadi Akil.

Menurut Ahmadi Akil,  kegiatan tersebut akan berlangsung pada 29 hingga 30 September 2018 kemudian acara puncak pada 1 Oktober 2018 di Makassar. "Acara nanti akan diisi dengan pameran dan kompetisi kopi seperti pagelaran kopi terbaik di nusantara maupun dunia dan seminar serta Talkshow seputar kopi.," ujar Ahmadi.

Selanjutnya ada kegiatan lomba meracik kopi/barista yang melibatkan komunitas dan selanjutnya ada kegiatan wisata kopi/kampung kopi dan pemilihan duta kopi serta beberapa kegiatan pendukung lainya.

Adapun pesertanya perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia dan 24 perwakilan kabupaten/kota di Sulsel, perusahaan swasta dan negeri, asosiasi, pelaku UMKM serta utusan dari luar negeri. 

"Kegiatan ini untuk mempromosikan dan memajukan potensi-potensi kopi di Indonesia khususnya di Sulsel agar daya saing dan ekspor kopi Sulsel bisa meningkat," kata Ahmadi Akil. (rajendra)